UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Riastus, Nayanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Riastus Nayati 11518241009.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Riastus Nayanti NIM 11518241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran elektronika dasar untuk meningkatkan kompetensi dasar memahami konsep dasar dan menguji Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, dan lembar checklist psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, kompetensi siswa pada kompetensi dasar memahami konsep dasar dan menguji Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar meningkat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya (1) kompetensi aspek kognitif siswa dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 39,39% atau 13 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata kelas 65,45 meningkat pada siklus 2 menjadi 75,76% atau 25 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata kelas 76,56, (2) kompetensi aspek afektif siswa dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 23% atau 8 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan skor rata-rata kelas 61 meningkat pada siklus 2 menjadi 83% atau 29 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata 85, (3) kompetensi aspek psikomotorik siswa dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 20% atau 7 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan skor rata-rata kelas 60 meningkat pada siklus 2 menjadi 89% atau 31 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata kelas 86. Kata kunci: kompetensi, project based learning, elektronika dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29346

Actions (login required)

View Item View Item