KAJIAN PERBANDINGAN POLA GERUSAN DI SEKITAR ABUTMEN ANTARA BENTUK TRIANGULAR SHAPED ABUTMENT DAN WING WALL ABUTMENT DENGAN PERUBAHAN JARAK GROUNDSILL

Paskikun, Paskikun (2015) KAJIAN PERBANDINGAN POLA GERUSAN DI SEKITAR ABUTMEN ANTARA BENTUK TRIANGULAR SHAPED ABUTMENT DAN WING WALL ABUTMENT DENGAN PERUBAHAN JARAK GROUNDSILL. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Paskikun 11510134032.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh model pengendalian gerusan di sekitar abutmen jembatan. Gerusan di sekitar abutmen jembatan sangat penting untuk dikendalikan, mengingat fungsi jembatan sebagai konstruksi sangat penting sehingga harus dapat berfungsi dengan baik. Gerusan di sekitar abutmen dapat menyebabkan keruntuhan struktur abutmen sebagai titik tumpu struktur jembatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan gerusan adalah dengan perubahan jarak groundsill yang akan berpengaruh terhadap proses terjadinya gerusan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen di Laboratorium. Dalam penelitian ini dilakukan uji model di Laboratorium Hidrolika jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan dua model abutmen jembatan yang berbeda bentuk akan disimulasikan guna mendapatkan kombinasi terbaik yang menghasilkan gerusan paling kecil di sekitar abutmen. Dari penelitian ini diperoleh hasil kombinasi terbaik antara triangular shaped abutment dan wing wall abutment. Gerusan yang paling kecil pada perubahan jarak groundsill di bentuk triangular shaped abutment yaitu jarak groundsill 4b sedangkan pada bentuk wing wall abutment gerusan yang paling kecil yaitu jarak groundsill 4b. Semakin panjang jarak groundsill gerusan akan semakin dangkal dan dari ke dua bentuk abutmen gerusan yang paling kecil yaitu pada wing wall abutment.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Gerusan, Abutmen, Wing Wall, Triangular Shaped, Groundsill
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2016 01:08
Last Modified: 05 Mar 2019 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29340

Actions (login required)

View Item View Item