Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis CD untuk Meningkatkan Motivasi, Kemandirian, dan Prestasi Belajar Peserta didik

Cahyaningsih, Sri (2016) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis CD untuk Meningkatkan Motivasi, Kemandirian, dan Prestasi Belajar Peserta didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-cahyaningsih-13708251025.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran IPA berbasis CD dengan tema “Indera Penglihatan dan Alat Optik” yang dihasilkan berkualitas baik/ layak sebagai media pembelajaran untuk peserta didik SMP kelas VIII, (2) peningkatan motivasi, kemandirian, dan prestasi belajar peserta didik secara simultan dalam pembelajaran IPA SMP kelas VIII menggunakan media pembelajaran IPA berbasis CD yang dikembangkan dengan tema “Indera Penglihatan dan Alat Optik”. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi pada model Borg & Gall dan Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi empat bagian yaitu studi pendahuluan, analisis kurikulum, pengembangan produk media pembelajaran, dan evaluasi produk. Penilaian produk dilakukan oleh tiga orang ahli materi, dua orang ahli media, tiga orang pendidik, dan tiga orang teman sejawat. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas VIII SMP Negeri Karangmojo dengan dua peserta didik sebagai uji coba perorangan, 10 peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil, dan 24 peserta didik sebagai uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket motivasi, angket kemandirian, dan tes prestasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah konversi skor ke nilai. Kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran IPA berbasis CD tema “Indera Penglihatan dan Alat Optik” yang dihasilkan berkualitas baik/ layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik SMP kelas VIII ditinjau dari aspek kualitas isi dan tujuan, kualitas pembelajaran, dan kualitas teknis, (2) Media pembelajaran IPA berbasis CD dengan tema “Indera Penglihatan dan Alat Optik” berpengaruh terhadap motivasi, kemandirian, dan prestasi belajar peserta didik sesuai dengan uji Manova p value < 0,05 dapat meningkatkan motivasi, kemandirian, dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas VIII terlihat dari nilai gain yang diperoleh pada kelas ekperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, motivasi belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2016 00:32
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item