Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi dengan Terapannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

Angelina, Adela yunita (2016) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi dengan Terapannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adela-yunita-angelia-13708251094.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari, (2) mendeskripsikan kriteria kualitas bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari, dan (3) mendeskripsikan keefektian bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Metode penelitian pengembangan dimodifikasi dari strategi pengembangan oleh Borg & Gall, meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, penelaahan/validasi, revisi, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba, uji coba operasional, revisi produk akhir, serta diseminasi dan implementasi. Desain uji coba yang digunakan adalah uji penelitian dalam bentuk eksperimen semu. Uji coba ini dilaksanakan di SMAN 1 Mlati. Subjek coba terdiri dari kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol. Data dihimpun dengan menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda, yang terdiri dari pretest dan posttest. Instrumen tes diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan dalam uji coba operasional. Data dianalisis statistik inferensial dengan menggunakan uji multivariate anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar fisika terintegrasi dengan terapannya pada tema listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari ini antara lain: (1) karakteristik produk bahan ajar yaitu: terdapat animasi, simulasi praktikum, soal dan umpan balik, serta konten materi yang integratif, (2) produk bahan ajar memiliki kriteria kualitas baik, dan (3) produk bahan ajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, fisika terintegrasi, hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 07:01
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29338

Actions (login required)

View Item View Item