Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA N 1 Sampung, Ponorogo

Yasri, Hayyun Lathifaty (2016) Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA N 1 Sampung, Ponorogo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hayyun-lathifathy-yasri-13705251041.swf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui: 1) efektivitas penggunaan media film untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi, 2) perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film dalam pembelajaran ekonomi, 3) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film dalam pembelajaran ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Sampung, Ponorogo dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik purposive sampling. Dari proses random tersebut diperoleh kelas X1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk minat belajar dan tes untuk hasil belajar kognitifnya. Validitas instrumen diperoleh melalui penilaian ahli dan uji coba lapangan yang dianalisis dengan Uji Spearman’s Rho dan reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis Two-way Anova dan uji t dengan tingkat Sign. 0.05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas dilakukan dengan kriteria Kolmogorof Smornov dan uji homogenitas menggunakan Uji Box’x M. Penelitian ini menemukan beberapa hasil, yaitu: 1) media film terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi secara bersamaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis multivariate yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis penelitian diterima, 2) terdapat perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. pada uji t yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis penelitian dinyatakan diterima, dan 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. pada uji t yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis penelitian dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, film, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:59
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29337

Actions (login required)

View Item View Item