Pengembangan Perangkat Performance Assessment Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di SMK

Ramdani, Sulaeman deni (2015) Pengembangan Perangkat Performance Assessment Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulaeman deni ramdani-13702251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat performance assessment yang tepat untuk Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan SMK Teknik Kendaraan Ringan, dan (2) untuk mengetahui karakteristik perangkat performance assessment yang valid, reliabel, dan praktis untuk Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan SMK Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan terdiri dari sepuluh prosedur meliputi: (1) pengumpulan data dan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) desiminasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian TKR. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan instrumen penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan metode Corrected Item-Total Correlations dan Iteman untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran butir soal. Peninjauan validitas isi menggunakan validitas isi Aiken dan peninjauan konsistensi penilaian rater dengan Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian ini berupa, (1) seperangkat performance assessment yang terdiri dari perangkat penilaian sikap berupa penilaian diri dan lembar penilaian observasi sikap, penilaian pengetahuan berupa tes pilihan ganda, tes uraian, dan tes lisan, dan penilaian keterampilan berupa penilaian unjuk kerja dan penilaian portofolio, (2) perangkat performance assessment Mata Pelajaran PKKR SMK Kompetensi Keahlian TKR dinyatakan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis berdasarkan rater dan uji empiris terhadap siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil perhitungan reliabilitas penilaian diri sebesar 0,94, penilaian observasi sebesar 0,72, penilaian pilihan ganda sebesar 0,72, tes uraian sebesar 0,78, tes lisan sebesar 0,88, penilaian unjuk kerja sebesar 0,74, dan penilaian portofolio sebesar 0,80.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Performance Assessment, Pendidikan Kejuruan, Kurikulum 2013, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:59
Last Modified: 09 Sep 2022 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item