Analisis Keterlaksanaan Penilaian Autentik dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman

Puspitasari, Etika Dyah (2015) Analisis Keterlaksanaan Penilaian Autentik dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-etika-dyah-puspitasari-13708251059.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterlaksanaan penilaian autentik yang terdiri dari penilaian proyek, produk, kinerja, portofolio, penilaian antarpeserta didik, penilaian diri dan penilaian jurnal;(2) mengidentifikasi kendala guru dalam melaksanakan penilaian autentik; serta (3) mendeskripsikan korelasi antara keterlaksanaan penilaian autentik dengan hasil belajar pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap pada rapor peserta didik mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari kepala sekolah, guru mata pelajaran biologi kelas X, dan peserta didik kelas X di lima SMA Negeri Kabupaten Sleman yang menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan uji korelasi keterlaksanaan penilaian autentik dengan hasil belajar menggunakan Uji Korelasi Spearman dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterlaksanaan penilaian autentik pada implementasi kurikulum 2013 pada matapelajaran biologi kelas X SMA Negeri Kabupaten Sleman sudah baik, yaitu 2 sekolah masuk dalam kategori sangat baik, 2 sekolah masuk dalam kategori baik dan 1 sekolah masuk kategori kurang baik. Keterlaksanaan jenis penilaian produk dan jurnal masuk dalam kategori kurang baik. Jenis penilaian proyek, portofolio dan penilaian diri masuk dalam kategori baik, jenis penilaian kinerja dan penilaian antarpeserta didik masuk dalam kategori sangat baik; (2) kendala keterlaksanaan penilaian autentik dalam implementasi kurikulum 2013 pada matapelajaran biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman terlalu banyaknya instrumen dan teknik penilaian yang harus diterapkan, banyaknya komponen penilaian terutama kesulitan dalam menilai aspek sikap, jenis materi, kemampuan guru, input peserta didik serta keterbatasan sarana dan prasarana; serta (3) tidak terdapat korelasi yang signifikan antara keterlaksanaan penilaian autentik dengan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap pada rapor peserta didik dalam mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian autentik, implementasi kurikulum 2013, hasil belajar biologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 07:00
Last Modified: 09 May 2019 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29335

Actions (login required)

View Item View Item