Pengembangan Model Penilaian Autentik Berbasis Proyek Sesuai Kurikulum 2013 untuk Mencapai Kompetensi Fisika Peserta Didik SMK

Sudrajat, Imam (2015) Pengembangan Model Penilaian Autentik Berbasis Proyek Sesuai Kurikulum 2013 untuk Mencapai Kompetensi Fisika Peserta Didik SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-sudrajat-13708251011.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik model penilaian autentik berbasis proyek sesuai kurikulum 2013 yang cocok untuk peserta didik SMK, (2) mengetahui kelayakan model penilaian autentik berbasis proyek sesuai kurikulum 2013 untuk peserta didik SMK, serta (3) mendeskripsikan pencapaian kompetensi fisika peserta didik SMK menggunakan model penilaian autentik berbasis proyek sesuai kurikulum 2013. Prosedur pengembangan menggunakan model 4D melalui tahapan define, design, develop, dan disseminate hingga didapat produk yang valid dan reliabel. Uji pengembangan dilakukan untuk mengetahui respons peserta didik sebagai bahan perbaikan dengan subjek 8 peserta didik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Hasil berupa model penilaian autentik berbasis proyek yang valid diimplementasikan di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan-A SMK Pembaharuan Purworejo dengan subjek 21 peserta didik untuk menilai kemampuan autentik peserta didik pada kompetensi dasar fisika medan magnetik. Hasil penilaian autentik berbasis proyek tersebut kemudian dianalisis dengan bantuan program SPSS untuk mengetahui tingkat reliabilitas Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik model penilaian autentik berbasis proyek terdiri atas penilaian kinerja, penilaian sikap, penilaian presentasi, penilaian produk proyek, dan penilaian pengetahuan. Penilaian kinerja dan penilaian sikap dilaksanakan pada saat pembuatan proyek, sedangkan penilaian presentasi, penilaian produk proyek, dan penilaian pengetahuan dilakukan pada akhir kegiatan proyek, (2) validitas isi oleh ahli menggunakan formula V Aiken untuk model penilaian autentik berbasis proyek diperoleh rerata sebesar 0,829 (tinggi). Validitas empiris penilaian pengetahuan dalam bentuk soal essay dianalisis menggunakan QUEST dengan data politomus skor 0-3 didapat nilai mean Infit MNSQ sebesar 0,99 atau dikatakan fit terhadap model Rasch dalam batas kisaran 0,77≤Infit MNSQ≤1,30. Adapun reliabilitas Alpha Cronbach untuk penilaian kinerja sebesar 0,780 (tinggi); penilaian sikap sebesar 0,342 (rendah); penilaian presentasi sebesar 0,752 (tinggi); dan penilaian produk proyek 0,553 (sedang) dengan rerata reliabilitas Alpha Cronbach untuk model penilaian autentik berbasis proyek sebesar 0,607 (tinggi), serta (3) hasil implementasi model penilaian autentik berbasis proyek yang valid dan reliabel di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan-A SMK Pembaharuan Purworejo diperoleh capaian kompetensi fisika KD medan magnetik dengan rerata kelas nilai pengetahuan sebesar 3,0 (B), sikap sebesar 3,5 (B+), dan keterampilan sebesar 3,1 (B). Berdasarkan angket diperoleh fakta bahwa dengan model penilaian autentik berbasis proyek bisa membantu pemahaman konsep fisika serta melatih keterampilan dan kerjasama antar teman karena proyek fisika dengan konteks dunia nyata membuat pembelajaran lebih mendalam dan mampu menunjang karir mereka ke depan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian autentik berbasis proyek, pencapaian kompetensi fisika,SMK
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 07:00
Last Modified: 09 May 2019 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29334

Actions (login required)

View Item View Item