MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA Pamela Intan Hapsariningtyas

Pamela, Intan Hapsariningtyas (2016) MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA Pamela Intan Hapsariningtyas. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Pamelia Intan Hapsariningsih 11511244013.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TATA BOGA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA Pamela Intan Hapsariningtyas 11511244013 ABSTRAK Penelitinan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA N 5 Yogyakarta, (2) mengetahui minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari unsur perhatian, (3) mengetahui minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari unsur kebutuhan, (4) mengetahui minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari unsur perasaan senang, (5) mengetahui minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari keseluruhan unsur yang mempengaruhi (perhatian, kebutuhan, dan perasaan senang). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMA N 5 Yogyakarta pada bulan Desembar 2014 sampai Juni 2015. Populasi yang digunakan adalah 114 siswa dari kelas X dan XI yang mengikuti Ekstrakuikuler Tata Boga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan menggunakan referensi Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup (kuesioner) dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk expert judgement dan validitas isi dengan Cofficient Product Moment. Hasil uji validitas menghasilkan 26 butir soal yang valid, dan 4 butir soal yang tidak valid dari jumlah soal sebanyak 30 butir soal. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan mendapatkan nilai korelasi 0,758 dengan jumlah soal valid 26 butir, maka reliabilitas angket penelitian siswa yaitu Alpha 0,758>r tabel 0,361 artinya instrument angket penelitian dengan tingkat reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA N 5 Yogyakarta diadakan pada tahun 2000; (2) Minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari unsur perhatian pada kategori sedang dengan mean 26,12 dan persentase sebesar 79,77%; (3) Minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari unsur kebutuhan pada kategori sedang dengan mean 13,48 dan persentase sebesar 84,52%; (4) Minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari unsur perasaan senang pada kategori sedang dengan mean 32,15 dan persentase sebesar 91,66%; (5) minat siswa dalam mengikuti Ekstrakurikuler Tata Boga di SMA Negeri 5 Yogyakarta ditinjau dari keseluruhan unsur yang mempengaruhi (perhatian, kebutuhan, dan perasaan senang) pada kategori sedang dengan mean 71,75 dan persentase sebesar 89,28%. Kata Kunci: Minat, Ekstrakurikuler Tata Boga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29331

Actions (login required)

View Item View Item