Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan Kabupaten Sleman

Anika, Dina (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dina-anika-maharyani-13705251044.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS. Penelitian eksperimen ini menggunakan matched subjects designs. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII C di SMP N 2 Turi dan peserta didik kelas VIII B di SMP N 3 Kalasan. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri atas dua kategori, yakni: model pembelajaran berbasis masalah dan model kooperatif tipe Think Pair Share. Variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Analisis validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Data diolah menggunakan analisis T- test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rerata sebesar 83, 19 lebih tinggi dibandingkan rerata dengan model TPS 73, 88. Peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe Think Pair Share diperoleh T hitung 15, 189 > T tabel 2, 042 pada taraf signifikansi 0,05, artinya terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 07:00
Last Modified: 09 May 2019 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item View Item