MPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

ULFATUN, TITIK (2016) MPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TITIK ULFATUN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 melalui implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam Lesson Study. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berbasis Lesson Study yang dilaksanakan selama dua siklus. Tahap-tahap PTK dilaksanakan dalam Lesson Study yang meliputi tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi analisis kualitas tes, menghitung skor aktivitas belajar, dan menghitung nilai hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 74,40% menjadi 93,41% pada siklus II atau meningkat sebesar 19,02% (33,53%). Jumlah siswa yang memperoleh skor aktivitas belajar >75% meningkat dari siklus I sebesar 14 siswa menjadi 31 siswa pada siklus II atau meningkat sebesar 54,84%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar pada pre test sebesar 48,81 meningkat menjadi 64,38 pada post test atau meningkat sebesar 15,57 (31,90%). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pada pre test sebesar 49,94 meningkat menjadi 77,75 pada post test atau meningkat sebesar 27,81 (55,69%). Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada pre test siklus I sebesar 6,45% menjadi 32,26% pada post test atau meningkat sebesar 25,81%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada pre test siklus II sebesar 12,90% menjadi 77,42% pada post test atau meningkat sebesar 64,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Lesson Study
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29323

Actions (login required)

View Item View Item