PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR OTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

MAIWAN, PUTRA KIHANGGARA (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR OTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Maiwan PK 08504244027.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR OTOMOTIF SISWA SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh: MAIWAN PUTRA KIHANGGARA 08504244027 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO) dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMK Piri 1 Yogyakarta; (2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO) dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMK Piri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 di SMK Piri 1 Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dengan beberapa siklus. Setiap siklus yang dilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu; (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data tentang kegiatan guru dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO) menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil obsevasi keaktifan siswa dihitung persentasenya dengan membandingkan jumlah siswa yang beraktivitas dengan jumlah seluruh siswa dan jumlah aktivitas siswa. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan tes tertulis berupa postest pada tiap siklus. Hasil tes tiap siklus dihitung rata-rata dan ketuntasan hasil belajar sesuai dengan KKM, kemudian membandingkan hasil tiap siklusnya. Penelitian tindakan selesai setelah jumlah siswa yang tuntas belajar ≥ 75%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) memberikan peningkatan terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif (DDO). Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I sebesar 7,0 dengan ketuntasan belajar sebesar 29,17% dan persentase aktifitas 42,36%; pada siklus II nilai rata-rata sebesar 7,5 dengan ketuntasan belajar 48,15% dan persentase aktifitas 59,26%; dan pada siklus III nilai rata-rata 8,0 dengan ketuntasan belajarnya 79,31% serta persentase aktifitasnya 66,67%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kata kunci : PTK, metode STAD, keaktifan belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29319

Actions (login required)

View Item View Item