Hana, Mustofa (2016) PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEACHING FACTORY. S1 thesis, U N Y.
Full text not available from this repository.Abstract
PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEACHING FACTORY Oleh : 05501241016 Hana Mustofa ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap lingkungan belajar di sekolah dan sikap siswa dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran mata diklat produktif menggunakan pendekatan teaching factory siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Yogyakarta dengan sampel yang berjumlah 81 siswa. Pengumpulan data untuk variabel persepsi dan sikap siswa menggunakan metode angket, sedangkan untuk variabel prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode dokumentasi. Validasi isi terhadap instrumen dilakukan dengan expert judgement dan diuji dengan analisis faktor. Sedangkan reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus koefisien Alpha Cronbach. Untuk instrumen persepsi siswa terhadap lingkungan belajar di sekolah mempunyai tingkat reliabilitas instrumen sebesar 0,945, sedangkan untuk instrumen sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan teaching factory mempunyai tingkat reliabilitas instrumen sebesar 0,913. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat persepsi dan sikap siswa termasuk pada kategori baik; (2) Tingkat prestasi belajar siswa termasuk pada kategori memuaskan; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi dengan prestasi belajar siswa, dengan tingkat hubungan sebesar 0,696; (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap dengan prestasi belajar siswa, dengan tingkat hubungan sebesar 0,728; (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi dan sikap siswa secara bersam-sama dengan prestasi belajar siswa, dengan tingkat hubungan sebesar 0,872. Dari analisis ini didapatkan suatu persamaan regresi ganda yaitu Ŷ = 44,269 + 0,511X1 + 0,557X2 . Kata kunci : persepsi, sikap, prestasi belajar, teaching factory.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 02:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |