PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK FABRIKASI LOGAM PADA MATA PELAJARAN TEORI LAS OXY-ACETYLENE DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

HAMZAH, FANSURI (2016) PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK FABRIKASI LOGAM PADA MATA PELAJARAN TEORI LAS OXY-ACETYLENE DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hamzah Fansuri 08503241031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK FABRIKASI LOGAM PADA MATA PELAJARAN TEORI LAS OXY-ACETYLENE DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh: HAMZAH FANSURI NIM. 08503241031 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan video dan yang tidak menggunakan video pada mata pelajaran las oxy-acetylene (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan terhadap kelas yang menggunakan video pembelajaran dan yang tidak menggunakan video pembelajaran (3) mengetahui jumlah kelulusan siswa dalam nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kelas yang menggunakan video dan kelas yang tidak menggunakan video. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain Non-Equivalent Control Group Design dengan populasi dua kelas, yaitu kelas ekperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media video dan kelas kontrol dengan cara konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes yang diberikan sebelum treatment (pretest) dan sesudah treatment (posttest) dan hasil prestasi siswa diuji dengan t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) gambaran nilai prestasi siswa pada kelas yang tidak menggunakan video pembelajaran untuk siswa dengan nilai 37 ada 3,2%, nilai 40 ada 3,2%, nilai 43 ada 6,45%, nilai 47 ada 9,68%, nilai 50 ada 3,2%, nilai 53 ada 12,9%, nilai 57 ada 6,45%, nilai 60 ada 6,45%, nilai 67 ada 3,2%, nilai 70 ada 6,45%, nilai 73 ada 6,45%, nilai 77 ada 16,13%, nilai 80 ada 3,2% dan nilai 83 ada 12,9%. Kemudian kelas yang menggunakan video pembelajaran untuk siswa dengan nilai 47 ada 3,3%, nilai 60 ada 3,3%, nilai 67 ada 6,67%, nilai 70 ada 3,3%, nilai 73 ada 10%, nilai 77 ada 26,67%, nilai 80 ada 13,3%, nilai 83 ada 3,3%, nilai 87 ada 10%, nilai 90 ada 3,3% dan nilai 93 ada 16,67% (2) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan video pembelajaran dan yang tidak menggunakan video pembelajaran karena harga t-hitung lebih besar daripada t-tabel (5,57 > 2,0435) pada t-test (3) jumlah kelulusan siswa kelas yang menggunakan media video lebih banyak dari pada kelas yang tidak menggunakan video pembelajaran pada nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini dapat dibuktikan bahwa siswa yang lulus KKM pada kelas kontrol ada 7 dari 31 anak dan kelas eksperimen ada 22 anak dari 30 anak. Kata kunci : media pembelajaran, video

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item View Item