Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pembelajaran Teks Diskusi Berdasarkan Pendekatan Genre

Mardiyanto, Mardiyanto (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pembelajaran Teks Diskusi Berdasarkan Pendekatan Genre. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mardiyanto-13706259027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) pembelajaran teks diskusi berdasarkan pendekatan genre sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah, (2) memperoleh kelayakan produk dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan, (3) mengetahui keterlaksanaan LKS dalam pemberlajaran, (4) mengetahui respon siswa dan guru terhadap LKS, dan (5) mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi LKS. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R &D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall (1983). Pengembangan ini dilakukan dalam 10 (sepuluh) tahap: penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draf produk awal, validasi produk awal, revisi berdasarkan validasi produk awal, uji coba awal, revisi berdasarkan uji coba awal, uji coba utama, revisi berdasarkan hasil uji coba utama, dan pengemasan produk. Subjek coba penelitian adalah dua orang ahli pembelajaran bahasa Indonesia, tiga orang praktisi, tiga orang guru, dan 18 siswa dalam uji coba terbatas, dan 79 siswa dalam uji coba lapangan . Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data kelayakan produk dan respon subjek coba, observasi digunakan untuk mengambil data keterlaksanaan pembelajaran, dan wawancara untuk mendapatkan data kritik/masukan revisi produk. Data berupa skor dikonversi menjadi nilai dengan mengacu pada Criterion Reference Assesment (CRA). Data kualitatif berupa kritik dan saran dianalisis sebagai acuan merevisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS pembelajaran teks diskusi berdasarkan pendekatan genre yang dikembangkan mendapat penilaian baik oleh ahli dan praktisi dari semua aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan sehingga layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar. Pelaksanaan pembelajaran dalam uji coba awal dan uji coba utama menunjukkan kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap LKS pada uji coba awal dan utama sangat positif. Respon guru terhadap LKS pada uji coba awal sangat positif dan pada uji coba utama positif. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang ada di dalam LKS berada pada kategori baik dan sangat baik, hanya satu lembar kerja, yakni materi menentukan topik utama dalam sebuah paragraf yang memiliki tingkat penguasaan cukup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pengembangan LKS, pendekatan genre
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:55
Last Modified: 10 Nov 2022 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29311

Actions (login required)

View Item View Item