IDENTIFIKASI KESULITAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT DESAIN BUSANA PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 2 TEMANGGUNG

Luluk Apriana, Putri (2016) IDENTIFIKASI KESULITAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT DESAIN BUSANA PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

IDENTIFIKASI KESULITAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT DESAIN BUSANA PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 2 TEMANGGUNG Oleh: Luluk Apriana Putri NIM. 11513241035 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui penyebab sulitnya siswa mengembangkan kreativitas dalam membuat desain busana yang dilihat dari empat aspek kriteria penilaian kreativitas, yaitu (1) kelancaran berfikir (fluency of thingking), (2) keluwesan berfikir (flexibility), (3) elaborasi (elaboration), dan (4) originalitas (originality). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian adalah semua Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK N 2 Temanggung sebanyak 64 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 64 siswa ditentukan dengan sampling jenuh yang termasuk dalam probability sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, unjuk kerja (tes proyektif) dan wawancara. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kesulitan mengembangkan kreativitas siswa ditinjau dari aspek kriteria pengukuran kretivitas mendapat predikat cukup baik, dengan perolehan hasil prosentase aspek kelancaran mencapai 50% dengan katergori kurang kreatif, kelenturan 75% dengan kategori kurang kreatif, kerincian 76,6% dengan kategori kurang kreatif, dan orisinalitas 53,1% dengan kategori kurang kreatif, (2) ciri-ciri kreativitas yang dimiliki oleh sebagian besar siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK N 2 Temanggung dapat dikatakan cukup kreatif, namun keempat aspek kriteria pengukuran kretivitas tersebut masih perlu ditingkatkan, terutama pada kerincian, (3) referensi belajar, alat dan bahan serta fasilitas penunjang mata pelajaran Desain Busana kurang memadai. Kata kunci: kesulitan, mengembangkan kreativitas, desain busana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29309

Actions (login required)

View Item View Item