PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS DI SMK I SEDAYU

Hadi, Wahyanto (2016) PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS DI SMK I SEDAYU. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hadi Wahyanto - 09504245004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS DI SMK I SEDAYU Oleh : Hadi Wahyanto 09504245004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperbaiki proses pembelajaran dalam mata pelajaran Chasis kompetensi memelihara/servis transmisi melalui metode pembelajaran mind mapping dan mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran chasis kompetensi memelihara/servis transmisi melalui metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SMK 1 Sedayu tahun ajaran 2011/2012, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI B TKR sebanyak 36 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan kemudian siswa secara berkelompok membuat mind map (yaitu cara mencatat yang kreatif dan efektif yang dapat dikombinasikan dengan warna, simbol, garis, dan gambar yang sesuai dengan cara kerja otak) tentang materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran chasis kompetensi memelihara/servis transmisi menggunakan penerapan metode mind mapping ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I 6,7 dan ketuntasan belajar sebesar 50%; pada siklus II nilai rata-rata 7,5, ketuntasan belajar 75%; dan pada siklus III nilai rata-rata 7,7 dan ketuntasan belajarnya 86,11%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran mind mapping. Kata kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29306

Actions (login required)

View Item View Item