PENGEMBANGAN MODUL BORDIR SASAK PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS KAIN BAGI SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Jati, Fatonah (2016) PENGEMBANGAN MODUL BORDIR SASAK PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS KAIN BAGI SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 NGAWEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jati Fatonah.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL BORDIR SASAK PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS KAIN BAGI SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 NGAWEN Oleh : Jati Fatonah NIM. 12513247002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul bordir sasak pada mata pelajaran menghias kain bagi siswa kelas XII di SMKN 1 Ngawen, 2) mengetahui kelayakan modul bordir sasak pada mata pelajaran menghias kain bagi siswa kelas XII di SMKN 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu; 1) analisis kebutuhan produk; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subyek penelitian uji coba skala kecil mengambil 5 dari 25 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan uji coba skala besar sebanyak 20 siswa yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas menggunakan validitas isi dan konstruk. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa; 1) pengembangan modul bordir sasak dengan tahap pengembangan antara lain; a) analisis kebutuhan produk, melalui analisis kurikulum dan silabus, hasil analisis bahwa perlu dikembangkan media pembelajaran berupa modul; b) mengembangkan produk awal, melalui penyusunan modul sesuai rancangan modul meliputi judul, pendahuluan, pembelajaran, evaluasi dan penutup; 2) kelayakan modul bordir sasak, diperoleh dari; a) validasi ahli dan revisi oleh ahli media, ahli materi dan ahli evaluasi menyatakan bahwa modul bordir sasak layak digunakan untuk penelitian; b) uji coba skala kecil dan revisi produk pada 5 siswa menyatakan bahwa modul bordir sasak secara keseluruhan aspek termasuk kategori “sangat baik” sebesar 40% (2 siswa), dan kategori “baik” 60% (3 siswa); c) uji coba skala besar dan produk akhir pada 20 siswa menyatakan bahwa modul bordir sasak secara keseluruhan aspek termasuk kategori “sangat baik” sebesar 70% (14 siswa), dan kategori “baik” 30% (6 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa produk akhir berupa modul bordir sasak dari aspek fungsi dan manfaat, aspek karakteristik tampilan, aspek materi pembelajaran dan aspek karakteristik modul sebagai media pembelajaran dinyatakan layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran menghias kain bagi siswa kelas XII di SMKN 1 Ngawen. Kata kunci: Pengembangan, Modul, Bordir Sasak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29304

Actions (login required)

View Item View Item