PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MENGGAMBAR MACAM-MACAM CELANA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR CELANA SISWA SMK N 1 JENAR

Guni, Gustaning (2016) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MENGGAMBAR MACAM-MACAM CELANA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR CELANA SISWA SMK N 1 JENAR. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Guni Gustaning 10513244017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MENGGAMBAR MACAM-MACAM CELANA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR CELANA SISWA SMK N 1 JENAR Oleh : Guni Gustaning NIM.10513244017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media booklet sebagai media pembelajaran bagi siswa busana kelas X SMK Negeri 1 Jenar; (2) mengetahui kelayakan media booklet sebagai media pembelajaran bagi siswa busana kelas X SMK Negeri 1 Jenar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di kutip oleh Tim Puslitjaknov dengan 6 tahapan yang meliputi : (1) tahap analisis kebutuhan produk, (2) tahap pengembangan produk awal, (3) tahap validasi ahli dan revisi, (4) tahap uji coba kelompok kecil, (5) tahap uji coba lapangan, dan (6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jenar dengan subjek penelitian kelas X Busana Butik 1 yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan angket pendapat siswa. Uji validitas berdasarkan kepada keputusan (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan menggunakan antar rater dengan procentatage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Kelayakan media booklet macam-macam celana wanita ditinjau dari validasi 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji kelayakan keterbacaan media oleh siswa dilakukan pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil bertujuan untuk mengetahui kepahaman siswa secara secara terbatas berupa saran dan komentar kemudian dianalisis dan direvisi, uji coba kelompok kecil dilakukan sebanyak 10 orang dipilih secara acak, selanjutnya dilakukan uji coba besar sebanyak 30 siswa yang kemudian dianalisis dan menjadi hasil akhir produk media sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pengembangan booklet macam-macam celana wanita siswa kelas X SMK Negeri 1 Jenar berhasil dilakukan melalui penelitian dan pengembangan media booklet pembelajaran dilakukan menurut pendapat Borg and Gall yaitu Analisis Kebutuhan Produk, Pengembangan Produk Awal, Validasi Ahli dan Revisi, Uji Coba Kelompok Kecil, Uji Coba Kelompok Luas dan Produk Akhir; (2) Kelayakan hasil validasi media yang dilakukan oleh 2 ahli media menyatakan “layak” dengan skor rerata 23 ahli materi menyatakan “layak” dengan rerata 27. Kelayakan media dari uji coba keterbatasan dan pemahaman isi media oleh 30 siswa, menunjukan hasil persentase 52,50% dalam kategori baik artinya siswa mudah memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada media, dan tertarik dengan tampilan media booklet. Berdasarkan hasil dari validasi para ahli dan hasil uji coba siswa dapat disimpulkan bahwa media booklet macam-macam celana wanita kelas X SMK Negeri 1 Jenar dapat dinyatakan “layak dan Baik” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : media booklet macam-macam celana wanita, dan kelayakan media

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item