PENGARUH PENERAPAN METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBUATAN POLA DASAR ROK KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Iin, Rahayuningsih (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBUATAN POLA DASAR ROK KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Iin Rahayuningsih.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENERAPAN METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBUATAN POLA DASAR ROK KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA Oleh: Iin Rahayuningsih NIM.10513241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian hasil belajar membuat pola dasar rok sebelum menggunakan metode TAI 2) pencapaian hasil belajar membuat pola dasar rok sesudah menggunakan metode TAI 3) pengaruh penggunaan metode TAI terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola dasar rok di SMK Karyarini Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X tata busana sebanyak 23 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan ketentuan jumlah sample dari rumus Krejcie dan Morgan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay, observasi, dan dokumentasi . Validitas instrumen menggunakan validitas internal dan validitas eksternal. Reliabilitas instrumen lembar tes menggunakan rumus Alpha, lembar observasi sikap menggunakan rumus Alpha Cronbach dan penilaian unjuk kerja menggunakan inter-rater of agreement. Uji normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas Varians menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,881 .Teknik analisis data menggunakan uji t . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa:1) pencapaian hasil belajar siswa membuat pola dasar rok sebelum menggunakan metode TAI yaitu 21,73% siswa dalam kategori tuntas, 2) pencapaian hasil belajar siswa membuat pola dasar rok setelah menggunakan metode TAI yaitu 100% siswa dalam kategori tuntas, 3) terdapat pengaruh penggunaan metode TAI terhadap pencapaian hasil belajar siswa membuat pola dasaar rok di SMK Karyarini, hal ini ditunjukkan dengan besarnya rata-rata nilai pretest 67,26 dan rata-rata nilai posttest 80,08, juga pada hasil uji-t menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item