PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF “ACCOUNTING LIFE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA PADA KELAS XI SMA N 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/2016

Kartiko Aji, Dwi (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF “ACCOUNTING LIFE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA PADA KELAS XI SMA N 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
DWI KARTIKO AJI (11403241022) PENDIDIKAN AKUNTANSI 2011.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

11403241022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Cara mengembangkan game edukatif “Accounting Life” sebagai media pembelajaran akuntansi materi akuntansi perusahaan jasa di SMAN 1 Pleret, 2) Kelayakan game edukatif “Accounting Life” sebagai media pembelajaran akuntansi materi akuntansi perusahaan jasa di SMAN 1 Pleret berdasarkan validasi/penilaian dari ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi, 3) Kelayakan game edukatif “Accounting Life” sebagai media pembelajaran akuntansi materi akuntansi perusahaan jasa di SMAN 1 Pleret berdasarkan validasi/penilaian dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Pleret kelas XI IPS 2, ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran akuntansi SMA. Objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran game edukatif “Accounting Life”. Tahap validasi dilakukan dengan validasi produk yang dilakukan oleh ahli pengantar akuntansi, ahli media pembelajaran dan praktisi pembelajaran akuntansi. Produk diujicobakan pada 21 siswa kelas XI IPS 2 di SMA N 1 Pleret. Berdasarkan hasil penelitian 1) Penelitian ini terdiri dari lima tahap pengembangan; a) analysis, b) design, c) develop, d) implementation, dan e) evaluation; 2) Kelayakan game edukatif “Accounting life” berdasarkan ahli materi mendapatkan skor 3.84 untuk seluruh aspek dan termasuk kategori layak. Berdasarkan ahli media mendapatkan skor 4.08 untuk seluruh aspek dan termasuk kategori layak. Berdasarkan praktisi pembelajaran akuntansi mendapatkan skor 3.90 untuk seluruh aspek dan termasuk kategori layak; 3) Berdasarkan penilaian siswa mendapatkan skor 4.01 untuk seluruh aspek dan termasuk kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukatif, Media pembelajaran,“Accounting Life”
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Jan 2016 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 06:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item View Item