Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Bantul

Wijayanti, Ari (2015) Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ari-wijayanti-13705251001.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) dan yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL); serta membedakan efektifitas antara model CTL dan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SMPN 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan match subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Bantul yang berjumlah 6 kelas pada semester dua tahun ajaran 2015/2016. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VIII B terpilih sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan pembelajaran dengan model CTL, dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan pembelajaran dengan model PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 kemudian dilanjutkan dengan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model PBL dan yang menggunakan model CTL. Hasil belajar kelompok PBL dari rerata 60,67 (pretest) menjadi 84 (posttest) atau meningkat sebesar 23,33; sedangkan hasil belajar kelompok CTL dari rerata 60,67 (pretest) menjadi 80,33 (posttest) atau meningkat sebesar 19,66. Model PBL lebih efektif daripada model CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SMPN 2 Bantul. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan effect size model PBL sebesar 3,02 lebih tinggi daripada effect size model CTL sebesar 2,02.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Problem-Based Learning, Hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:56
Last Modified: 09 May 2019 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item