PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART UNTUK PEMBUATAN ILUSTRASI BUSANA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Nurfauzya Rinayati, Itsnaini (2016) PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART UNTUK PEMBUATAN ILUSTRASI BUSANA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS ITSNAINI NURFAUZYA RIMAYATI.PDF

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Produk media flip chart untuk pembelajaran ilustrasi busana untuk siswi kelas XI program IPA di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan materi prinsip desain dan aplikasi prinsip desain dalam gambar busana muslimah sebagai media belajar seni rupa. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran flip chart Ilustrasi Busana. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (research and development/ penelitian dan pengembangan) dengan melakukan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, tahap kedua pengembangan produk, tahap ketiga melakukan uji coba produk. Flip chart dibuat menggunakan software Adobe Photoshop CS3, Corel Draw X4 kemudian di cetak menggunakan kertas banner ukuran 150x120cm yang digantung pada suatu tiang agar mudah digunakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu untuk penelitian, uji coba yaitu 5 orang untuk uji coba kelompok kecil dan 15 orang untuk uji coba kelompok besar. Data dianalisis secara deskriptif dengan prosentase. Hasil dari penelitian ini berupa Media pengembangkan flip chart untuk ilustrasi busana pada mata pelajaran seni rupa dan media flip chart telah diuji/validasi menurut para ahli media yaitu dosen Jurusan Pendidikan Seni Rupa, ahli materi yaitu guru mata pelajaran seni rupa. Media flip chart yang dikembangkan memiliki keunggulan yaitu materi disajikan dengan pemilihan kata yang efektif sehingga mudah dipahami serta gambar-gambar menarik yang langsung berkaitan dengan materi. Hasil evaluasi dari ahli media adalah 94% skor tanggapan dan rata-rata 4,7 dengan kriteria sangat baik. Hasil evaluasi dari ahli materi adalah 82% skor tanggapan dan rata-rata 4,1 dengan kriteria sangat baik, hasil evaluasi dari uji coba kelompok kecil adalah 90% skor tanggapan dan rata- rata 4,5 dengan kriteria sangat baik, hasil evaluasi dari uji coba kelompok besar adalah 92% skor tanggapan dan rata-rata 4,6 dengan kriteria sangat baik pula, sehingga berdasarkan uji coba kelompok besar terhadap siswi kelas 2 Aliyah maka dapat dikatakan bahwa media flip chart yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran seni rupa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media flip chart, mata pelajaran seni rupa, ilustrasi busana
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:52
Last Modified: 30 Jan 2019 06:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29287

Actions (login required)

View Item View Item