PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR KEJURUAN TERHADAP MINAT BERWIRASWASTA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF SMK TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Gunawan, Budi Susilo (2016) PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR KEJURUAN TERHADAP MINAT BERWIRASWASTA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF SMK TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
GUNAWAN BUDI SUSILO - 08504245009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR KEJURUAN TERHADAP MINAT BERWIRASWASTA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF SMK TAMAN SISWA JETIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh : Gunawan Budi Susilo NIM : 08504245009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas berorganisasi terhadap minat berwiraswasta siswa kelas XII Jurusan Teknik Otomotif SMK Taman Siswa Jetis Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh prestasi belajar kejuruan terhadap minat berwiraswasta siswa kelas XII Jurusan Teknik Otomotif SMK Taman Siswa Jetis Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode expost facto dan observasi. Pengumpulan data melalui metode angket (kuisioner) dan dokumentasi. Teknik sampling jumlah populasi sebanyak 150 siswa, Sampel sebanyak 112 siwa, dan uji coba penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu apabila obyeknya kurang dari seratus, lebih baik di ambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika obyeknya lebih besar dari 100 dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% lebih. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Uji coba Intrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normaloias dan linearitas. Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan 5% dengan program SPSS 16,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat berwiraswasta siswa yang aktif berorganisasi lebih besar dibandingkan dengan minat berwiraswasta siswa yang tidak aktif berorganisasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung = 3,971, > ttabel = 2,02, berarti terdapat pengaruh dari aktivitas berorganisasi terhadap minat berwiraswasta. (2) minat berwiraswasta siswa yang berprestasi tinggi lebih besar jika dibandingkan minat berwiraswasta siswa yang prestasi belajar rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung = 2,945 > ttabel = 2,02, berarti terdapat pengaruh dari prestasi belajar kejuruan terhadap minat berwiraswasta siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 06:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29278

Actions (login required)

View Item View Item