TUGAS AKHIR SKRIPSI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI SMK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Griyani, Fatih R. (2016) TUGAS AKHIR SKRIPSI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI SMK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Griyani Fatih - 07520244069.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

TUGAS AKHIR SKRIPSI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI DI SMK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh: Griyani Fatih R. NIM. 07520244069 ABSTRAK Ketersediaan sarana dan prasarana TI yang mendukung merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan mata pelajaran KKPI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan sarana dan prasarana TI untuk mendukung mata pelajaran KKPI di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta secara riil sesuai keadaan di lapangan pada tahun ajaran 2010/2011, berdasarkan standar PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008. Penentuan kualitas berdasarkan standar SEAMOLEC dan BAN. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah laboratorium komputer yang digunakan untuk pembelajaran KKPI. Objek penelitiannya adalah sarana TI yang berada di laboratorium komputer dan laboratorium komputer itu sendiri sebagai prasarananya. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah checklist yang digunakan pada saat observasi. Data sarana dan prasarana hasil observasi kemudian dibandingkan dengan standar sarana dan prasarana dari PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008. Kualitas sarana dan prasarana dibandingkan dengan standar SEAMOLEC dan BAN. Diperhatikan pula use factor hardware dan laboratoriumnya. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif. Selain itu juga menggunakan proses perhitungan presentase, dengan cara membagi hasil skor riil dengan skor ideal kemudian hasil bagi tersebut dikalikan dengan seratus persen. Prosentase yang diperoleh selanjutnya akan diinterpretasikan ke dalam 5 kriteria pencapaian, yaitu sangat layak, layak, cukup, tidak layak dan sangat tidak layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan sarana dan prasarana TI yang mendukung mata pelajaran KKPI di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011 adalah termasuk dalam kriteria sangat layak, dengan perolehan prosentase sebesar 86%. Kategori hardware memperoleh predikat cukup. Kategori software berpredikat sangat layak dengan perolehan 100%. Kategori media pendidikan, perabot dan perlengkapan laboratorium termasuk kriteria sangat layak. Prasarana yang ada sebagian besar masih belum layak dan tidak memenuhi standar, dengan rata-rata sekolah mengalami masalah pada kelebihan jam pakai laboratorium. Kata kunci: kelayakan, sarana dan prasarana, laboratorium komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 06:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item View Item