PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA, DAN SUASANA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PLC DI SMK MUDA PATRIA KALASAN

Giri, Eko Setyomukti (2016) PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA, DAN SUASANA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PLC DI SMK MUDA PATRIA KALASAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Giri Eko Setyomukti 08501241013.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA, DAN SUASANA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PLC DI SMK MUDA PATRIA KALASAN Oleh: Giri Eko Setyomukti NIM. 08501241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan cara mengajar guru, kemandirian belajar siswa, dan suasana belajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PLC di SMK Muda Patria Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muda Patria Kalasan Program Keahlian Elektronika Industri yang berjumlah 45 orang. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh, sehingga sampel dalam penelitian adalah seluruh jumlah populasi yang ada. Sumber data diperoleh melalui angket yang diisi oleh 45 responden kelas XI. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara cara mengajar guru dengan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran PLC Di SMK Muda Patria Kalasan, yang ditunjukan oleh perolehan koefisien regresi (thitung) sebesar 3,00 > ttabel = 2,02 atau diperoleh nilai taraf signifikansi 0,00 < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar -1,91% dan sumbangan relatif sebesar -3,83%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa dengan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran PLC di SMK Muda Patria Kalasan, yang ditunjukan oleh perolehan koefisien regresi (thitung) sebesar 5,93 > ttabel = 2,02 atau diperoleh nilai taraf signifikansi 0,00 < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 33,09% dan sumbangan relatif sebesar 32,21% dan sumbangan relatif sebesar 64,42%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan suasana belajar dengan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran PLC di SMK Muda Patria Kalasan, yang ditunjukan oleh perolehan koefisien regresi (thitung) sebesar 5,05 > ttabel = 2,02 atau diperoleh nilai taraf signifikansi 0,00 < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 19,70% dan sumbangan relatif sebesar 39,41%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru, kemandirian belajar siswa dan suasana belajar secara bersama-sama dengan keaktifan siswa pada Mata Pelajaran PLC Di SMK Muda Patria Kalasan, yang ditunjukan oleh perolehan koefisien regresi (Fhitung) sebesar 13,68 > Ftabel = 2,83 atau diperoleh nilai taraf signifikansi 0,00 < 0,05, dengan kontribusi 50,00%. Kata Kunci: Cara Mengajar Guru, Keaktifan Belajar, Kemandirian Belajar Siswa, Suasana Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 06:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29269

Actions (login required)

View Item View Item