HUBUNGAN HASIL BELAJAR PDLE DAN SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN NILAI MATA DIKLAT MERAKIT KOMPUTER PRODI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Gigih, Isnafarid (2016) HUBUNGAN HASIL BELAJAR PDLE DAN SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN NILAI MATA DIKLAT MERAKIT KOMPUTER PRODI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Gigih Isnafarid 11502247003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN HASIL BELAJAR PDLE DAN SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN NILAI MATA DIKLAT MERAKIT KOMPUTER PRODI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : Gigih Isnafarid NIM : 11502247003 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hasil Belajar PDLE dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer, hubungan antara Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer, dan hubungan antara Hasil Belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer Prodi Teknik Komputer dan Jaringan Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Salam Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Prodi Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Pengumpulan data menggunakan observasi untuk variabel Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran dan dokumentasi untuk variabel Hasil Belajar PDLE dan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan Hasil Belajar PDLE dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,253, p-value 0,010 < 0,05, koefisien determinan (r2 x1y) sebesar 0,064, thitung sebesar 2,089 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,263, p-value 0,001 < 0,05, koefisien determinan (r2 x2y) sebesar 0,069, thitung sebesar 2,177 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan Hasil Belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama dengan Nilai Mata Diklat Merakit Komputer. Hal itu ditunjukkan dengan Fhitung 3,556 lebih besar dari Ftabel 3,14 atau probabilitas 0,001. Koefisien determinan (R2y1,2) sebesar 0,101 berarti bahwa 10,1% varians yang terjadi pada variabel Nilai Mata Diklat Merakit Komputer ditentukan oleh varians yang terjadi pada variabel hasil belajar PDLE dan Sikap Disiplin dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29265

Actions (login required)

View Item View Item