KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI ROLE-AUDIENCE-FORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Afifah, Septi (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI ROLE-AUDIENCE-FORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SEPTI AFIFAH-SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan kemampuan menyusun teks eksplanasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Role-Audience-Format-Topic (RAFT) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi RAFT. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi RAFT dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi pada siswa VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi RAFT dan variabel terikat berupa kemampuan menyusun teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menyusun teks eksplanasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menyusun teks eksplanasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi RAFT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi RAFT pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Perbedaan dapat diketahui dari hasil uji-t skor tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai p sebesar 0,001 sehingga p < taraf signifikansi 0,05 yang berarti signifikan. Kedua, strategi RAFT terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Efektivitas strategi RAFT dapat diketahui dari hasil uji-t skor tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai p sebesar 0,000 sehingga p < taraf signifikansi 0,05 yang berarti signifikan. Gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 8,79.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:36
Last Modified: 22 Jan 2016 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29247

Actions (login required)

View Item View Item