KEEFEKTIFAN MODEL PIKIR-CAKAP-TULIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA N 3 BOYOLALI JAWA TENGAH

Aryo Hutomo, Seto (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PIKIR-CAKAP-TULIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA N 3 BOYOLALI JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Pikir-Cakap-Tulis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model Pikir-Cakap-Tulis, serta menguji keefektifan model Pikir- Cakap-Tulis dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Boyolali Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest- posstest group design. Variable dalam penelitian ini adalah variable bebas, yaitu model Think-Talk-Write, dan variable terikat yaitu keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Boyolali Jawa Tengah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas, dengan pembagian satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dari penentuan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X-6 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas X-9 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yang berupa tes menulis cerpen.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posstest dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Pikir-Cakap-Tulis dengan siswa yang mengukuti pembelajaran tanpa menggunakan model Pikir-Cakap-Tulis. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pada skor pretest dan posstest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 13,356 dengan df (degree of freedom) sebesar 31 dan nilai P = 0,000. Selain itu, dari hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa model Pikir-Cakap-Tulis efektif digunakan pada pembelajaran menulis cerpen, karena P < 0,05 = signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model Pikir-Cakap-Tulis, keterampilan menulis cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jan 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item