PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION CHARTS PADA SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) C SMK NEGERI TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Maulana Pradomo, Septiaga (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION CHARTS PADA SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) C SMK NEGERI TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) C SMK Negeri Tembarak Kabupaten Temanggung dengan menggunakan strategi information charts. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) C SMK Negeri Tembarak Kabupaten Temanggung yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, catatan lapangan, wawancara, angket, tes menulis eksposisi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratis, proses, hasil, dialogis) dan triangulasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan guru maupun siswa dalam hal proses maupun hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi information charts dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi dari segi proses maupun produk pada siswa Kelas XI RPL C SMK Negeri Tembarak Kabupaten Temanggung. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari peran serta aktivitas guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respons positif melalui sikap kerjasama dan antusias yang ditunjukkan siswa serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Peningkatan proses tersebut pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan nilai akhir tulisan paragraf eksposisi siswa mulai dari tahap pratindakan sampai tahap siklus II. Perolehan rata-rata nilai akhir paragraf eksposisi siswa pada saat tahap pratindakan, yaitu 63,77. Pada siklus I, rata-rata nilai akhir paragraf eksposisi siswa tersebut, mengalami peningkatan menjadi 73,10. Kemudian, pada siklus II rata-rata nilai akhir paragraf eksposisi siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 81,99. Jumlah peningkatan rata- rata nilai ahkir paragraf eksposisi dari pratindakan sampai siklus II sebesar 18,21.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, menulis eksposisi, strategi information charts
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jan 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29236

Actions (login required)

View Item View Item