IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/2016

LISTIA DEWI, FIRDA (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FIRDA_12803244042.pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016 pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dengan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan (aksi), pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi dan tes, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu catatan lapangan dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dengan Macromedia Flash dapat meningkatkkan hasil belajar akuntansi ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat sebesar 77,34% dari nilai 44,44 (pre test) menjadi 78,81 (post test) serta diperoleh persentase ketuntasan klasikal 61,9%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 31,78% dengan rata-rata nilai 67,14 (pre test) dan 88,48 (post test) serta diperoleh persentase ketuntasan klasikal 100%. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Team Accelerated Instruction (TAI), Macromedia Flash, hasil belajar akuntansi ranah kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, Team Accelerated Instruction (TAI), Macromedia Flash, hasil belajar akuntansi ranah kognitif
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29235

Actions (login required)

View Item View Item