MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DENGAN METODE JARIMATIKA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN II MAGELANG

Sari Purwanti, Mudiyatun (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DENGAN METODE JARIMATIKA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN II MAGELANG. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI Sari Purwanti Mudiyatun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan metode jarimatika pada anak Kelompok A TK Tunas Harapan II Magelang. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok A TK Tunas Harapan II Magelang. Pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika dipilih karena dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A TK Tunas Harapan II yang berjumlah 20 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan pada anak terutama kegiatan membilang dan mengetahui hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan 1-10. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode jarimatika mampu meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian pratindakan dengan rata-rata persentase 34,38%, setelah dilakukan tindakan pada Siklus I dengan rata-rata persentase 66,25% dan siklus II dengan persentase rata-rata 84,38%, dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yang telah ditetapkan sebesar 80%. Kata kunci: berhitung permulaan, metode jarimatika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Jan 2016 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item View Item