IMPLEMENTASI PROGRAM ANTIBULLYING DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA

Nurrochimawati, Citra Devi (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM ANTIBULLYING DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Citra Devi Nurrochimawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan mengetahui kendala-kendala dalam implementasi program antibullying di SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program antibullying di SD Tumbuh 2 Yogyakarta dilaksanakan ke dalam berbagai aktivitas: (1) poster membuat siswa paham cara bersikap dan bersosialisasi dengan baik; (2) pembentukan dewan pengawas yang bertugas mengawasi aktivitas anak untuk memastikan anak tidak melakukan perilaku yang tidak baik ataupun berbahaya; (3) pertemuan dan pelatihan untuk keluarga yang meliputi parents meeting, parents seminar, dan parents counseling; (4) penggunaan kurikulum yang dilaksanakan ke dalam berbagai kegiatan dan pembiasaan bagi siswa untuk bersikap baik; (5) perbaikan lingkungan yang dilakukan dengan penempelan kata atau kalimat-kalimat positif di area sekolah; (6) circle time yang memberikan pemahaman kepada siswa akan pengetahuan atau nilai-nilai yang baik dan membantu siswa menyelesaikan masalahnya. Adapun kendala dalam implementasi program antibullying di SD Tumbuh 2 Yogyakarta meliputi diantaranya: (1) pemasangan poster yang agak terlalu tinggi dan tulisannya yang terlalu kecil; (2) belum maksimalnya area sekolah yang dimanfaatkan dalam pemasangan poster; (3) adanya aktivitas anak yang pernah terlepas dari pengawasan; (4) orang tua belum sepenuhnya menghayati materi yang sekolah sampaikan; (5) kurangnya ketertarikan dan partisipasi aktif orang tua dalam pertemuan dan pelatihan untuk keluarga; (6) tidak adanya buku petunjuk atau acuan khusus pelaksanaan program antibullying; (7) tidak diagendakan perbaikan lingkungan secara berkala; (8) beberapa tempelan kata-kata positif tampak sudah using; (9) belum meratanya keaktifan siswa selama circle time. Kata kunci: bullying, antibullying, implementasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jan 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29231

Actions (login required)

View Item View Item