KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI KEFAVORITAN SEKOLAH

Kismiati, Dyah Aniza (2015) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI KEFAVORITAN SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Dyah Aniza Kismiati.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif keterampilan proses sains (KBKKPS) siswa SMA negeri di Kota Yogyakarta dalam mata pelajaran biologi ditinjau dari kefavoritan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode survei dan dilaksanakan pada bulan Desember 2014 hingga Maret 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan 22 kelas sebagai cluster yang terdiri atas 11 kelas pada jenjang kelas X dan 11 kelas pada jenjang kelas XI. Variabel bebas berupa kefavoritan sekolah sedangkan sebagai variabel tergayut adalah tingkat berpikir kreatif KPS siswa dalam mata pelajaran biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen KBKKPS dalam mata pelajaran biologi yang disusun oleh Bambang Subali (2009). Instrumen tersebut telah diuji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan analisis program Quest menggunakan pendekatan IRT sedangkan uji reliabilitas juga dengan analisis program Quest berdasarkan error of measurement . Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa kelas X maupun kelas XI SMA negeri favorit dan non favorit di Kota Yogyakarta terkategori kurang kreatif. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata aktual yang berada pada rentang 37,5 ≤ M < 75. Bila dibandingkan antara kedua kategori testi, KBKKPS siswa kelas X SMA N favorit lebih tinggi daripada siswa kelas X SMA N non favorit di Kota Yogyakarta sedangkan pada siswa kelas XI justru KBKKPS siswa SMA N non favorit lebih tinggi daripada siswa SMA N favorit. Tingkat kesulitan item soal KBKKPS pada aspek keterampilan dasar sebagian besar rendah bagi siswa. Pada aspek keterampilan memroses, tingkat kesulitan item rendah bagi sebagian siswa namun bagi sebagian siswa lainnya tinggi. Pada aspek keterampilan menginvestigasi, tingkat kesulitan item KBKKPS tinggi bagi seluruh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, keterampilan proses sains, favorit, non favorit
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29228

Actions (login required)

View Item View Item