EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL MATERI ANNELIDA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 DEPOK

Astuti, Fitri (2015) EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL MATERI ANNELIDA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fitri Astuti.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model penemuan terbimbing terhadap pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural pada materi Annelida peserta didik kelas X di SMA N 1 Depok. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Sampel kelas eksperimen XA dan kelas kontrol XD, pemilihannya didasarkan cluster random sampling. Analisis data yang diperoleh menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan faktual dan prosedural peserta didik yang menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model konvensional, sedangkan pengetahuan konseptual peserta didik yang menggunakan model penemuan terbimbing dengan model konvensional tidak berbeda secara signifikan. Model penemuan terbimbing efektif dalam kategori sedang (0,70>g>0,30) terhadap pengetahuan faktual dan prosedural peserta didik. Dengan demikian, model penemuan terbimbing efektif mengembangkan pengetahuan faktual dan prosedural peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penemuan terbimbing, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item View Item