PENINGKATAN KOMPETENSI PERANCANGAN DESAIN PAPAN RANGKAIAN CETAK BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK ORCAD DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK N 1 SEDAYU

Yohanes, Galih Adhiyoga (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI PERANCANGAN DESAIN PAPAN RANGKAIAN CETAK BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK ORCAD DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yohanes Galih Adhiypga.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI PERANCANGAN DESAIN PAPAN RANGKAIAN CETAK BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK ORCAD DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK N 1 SEDAYU Oleh: Yohanes Galih Adhiyoga NIM. 11501244014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan metode Project Based Learning untuk peningkatan kompetensi Perancangan Desain PCB ditinjau dari ranah kognitif, (2) perbedaan pencapaian kompetensi ranah afektif dan psikomotor antara kelas kontrol dan eksperimen, serta (3) hubungan antara kompetensi ranah afektif dan psikomotor terhadap peningkatan kompetensi ranah kognitif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMK N 1 Sedayu sejumlah 62 orang dari kelas X TIPTL A dan kelas X TIPTL B. Kelas X TIPTL A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TIPTL B sebagai kelas kontrol. Peningkatan kompetensi ranah kognitif dapat diketahui melalui instrumen pretest dan posttest, serta rubrik observasi untuk menilai kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, uji validitas, dan uji realibilitas. Validitas penelitian dilakukan dengan menggunakan validitas internal dan eksternal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Independent Sample T Test, dan Uji Korelasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ) terdapat peningkatan kompetensi perancangan desain PCB ranah kognitif dengan menggunakan metode project based learning berbantuan software OrCAD, terlihat bahwa nilai signifikansi kurang dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,044; (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi perancangan desain PCB ranah afektif dan psikomotor dengan menggunakan metode project based learning berbantuan software OrCAD. Hasil uji statistik diketahui nilai signifikansi sebesar 0,013 untuk kompetensi afektif dan 0,000 untuk kompetensi psikomotor; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi perancangan desain PCB ranah kognitif dengan ranah afektif dan ranah psikomotor melalui metode project based learning berbantuan software OrCAD. Hasil uji korelasi ganda diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,526, kontribusi terhadap kompetensi ranah kognitif sebesar 27,7%, dan nilai probabilitas (sig. F change) sebesar 0,013. Kata kunci: peningkatan kompetensi, project based learning, software OrCAD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29209

Actions (login required)

View Item View Item