PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEWARNAAN BATIK TULIS MENGGUNAKAN ZAT WARNA INDIGOSOL PADA SISWA KELAS VIII di MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN

Wahyu, Manggih Asih (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEWARNAAN BATIK TULIS MENGGUNAKAN ZAT WARNA INDIGOSOL PADA SISWA KELAS VIII di MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wahyu Manggih A.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEWARNAAN BATIK TULIS MENGGUNAKAN ZAT WARNA INDIGOSOL PADA SISWA KELAS VIII di MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN Oleh : Wahyu Manggih Asih 10513241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi pewarnaan karya batik dengan zat warna indigosol sebelum menggunakan media jobsheet pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Seyegan, (2) pencapaian kompetensi pewarnaan karya batik dengan zat warna indigosol setelah menggunakan media jobsheet pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Seyegan (3) ada tidaknya pengaruh media jobsheet terhadap pencapaian kompetensi pewarnaan karya batik mengunakan zat warna indigosol pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Seyegan Sleman. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Seyegan. Jenis penelitian ini adalah preexperiment design dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Negeri Seyegan Sleman yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes obyektif pilihan ganda, lembar penilaian unjuk kerja dan lembar pengamatan sikap. Uji Validitas instrumen meliputi validitas isi dengan meminta pendapat para ahli (judgment expert) dan validitas konstruk untuk tes pilihan ganda dan dihitung menggunakan rumus korelasi product-moment. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan sudah valid dan layak untuk pengambilan data. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus KR-20 dengan r = 0,709 dan percentage of agreement untuk lembar penilaian sikap dan unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji T (t-test) yang sebelumnya sudah dilaksanakan uji persyarat analisis berupa uji normalitas data dengan rumus Kolmogorov Sminov dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pencapaian kompetensi pewarnaan karya batik mengunakan zat warna indigosol sebelum menggunakan media jobsheet pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Seyegan Sleman diperoleh rerata 71.67 yang masih dalam kategori belum kompeten, (2) pencapaian kompetensi pewarnaan karya batik mengunakan zat warna indigosol setelah menggunakan media jobsheet pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Seyegan diperoleh rerata 79.03 dan termasuk dalam kategori kompeten, (3) ada pengaruh positif dari penggunaan media jobsheet terhadap pencapaian kompetensi pewarnaan karya batik mengunakan zat warna indigosol pada peserta didik kelas VIII A di MTs Negeri Seyegan dengan ditunjukkan pada hasil uji t yaitu 13.729 untuk nilai df 32 (n-1) dengan probabilitas 0.05 dan kompetensi peserta didik meningkat sebesar 10.3%. Kata kunci : media jobsheet, siswa, kompetensi pewarnaan batik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:30
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item