Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Komputer Menggunakan Software Lectora dengan Tema Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi Untuk Siswa SMP Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Yogyakarta

Ernawati, Dwi (2015) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Komputer Menggunakan Software Lectora dengan Tema Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi Untuk Siswa SMP Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Slideshow
Skripsi 11416244018.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis komputer menggunakan bantuan software lectora dengan tema pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi untuk siswa SMP kelas VIII; dan 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran IPS berbasis komputer menggunakan software lectora dengan tema pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Reasearch and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (four D-models), terdiri dari tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas 8.9 SMP Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi Ahli dan Guru, serta lembar penilaian untuk siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran IPS berbasis komputer menggunkan software lectora melalui beberapa tahap yaitu: identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah media, tes/uji coba dan produksi; dan 2) kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil penilaian ahli materi dengan rata-rata skor akhir 4 termasuk dalam kategori baik. Penilaian kelayakan oleh ahli media diperoleh rata-rata skor akhir 3,867 termasuk dalam kategori baik, sedangkan penilaian kelayakan oleh guru IPS mendapatkan rata-rata skor akhir sebesar 3,73 termasuk dalam kategori baik. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan pada saat uji coba diperoleh rata-rata skor akhir 4,22 termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran dapat dinyatakan layak untuk digunakan. Kata kunci: Media Pembelajaran, IPS, software lectora

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item