PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Jihad, Falqianas A. (2016) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jihad F10504241027.pdf

Download (115MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : Jihad Falqianas A. 10504241027 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan elearning siswa, mengembangkan e-learning berbasis Moodle, dan mengetahui kelayakan e-learning berbasis Moodle pada mata diklat Sistem Penerangan untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa e-learning berbasis Moodle pada mata diklat Sistem Penerangan untuk siswa kelas XI dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian pendahuluan untuk mengidentifikasi kebutuhan e-learning didapatkan (a) nama domain yang tepat “ben-dong.web.id”, (b) warna background yang tepat untuk e-learning “putih”, (c) jenis font yang tepat untuk isi materi “Times New Roman”, (d) ukuran font “13”, (e) warna font “Hitam”, (f) tata letak teks “Rata kanan kiri” (g) Letak gambar pendukung materi “Tengah Atas teks” (h) jenis file yang bisa diunduh “.doc”, (i) fitur atau aktivitas e-learning yang perlu ditambahkan “Forum diskusi, chatting, kuis”, (j) Isi materi yang akan diujicobakan “Sistem Penerangan”. Pengembangan e-learning berbasis Moodle pada mata diklat Sistem Penerangan terdiri dari (a) desain produk, (b) pengumpulan bahan produk, (c) pembuatan produk, (d) penilaian desain produk, (e) revisi desain produk, (f) uji coba produk, (g) revisi produk. Kelayakan elearning berbasis Moodle pada mata diklat Sistem Penerangan secara keseluruhan dikategorikan layak, sehingga e-learning berbasis Moodle ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk proses belajar mengajar. Kata kunci: E-learning, Moodle, Sistem Penerangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29202

Actions (login required)

View Item View Item