PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI MIKROPROSESSOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Fera, Wati (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI MIKROPROSESSOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Fera wati_11518249003_Skripsi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI MIKROPROSESSOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : Fera Wati 11518249003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas X program keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media simulasi zylog z80 simulator IDE. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen kognitif siswa menggunakan pretest-posttest, instrument afektif dan afektif menggunakan lembar observasi. Bentuk model pembelajaran problem based learning yang dilakukan yakni (a) melakukan perencanaan masalah (b) mengorganisasian kelas dengan membentuk kelompok diskusi berdasarkan nilai kompetensi siswa yaitu siswa yang mendapat nilai rendah dikelompokkan dengan siswa yang mendapat nilai tinggi sehingga siswa bisa saling bertukar pikiran satu sama lain, (c) memaparan masalah dan acuan penyelesaiaannya yang terdapat pada lembar kerja siswa, (d) membimbing siswa untuk menyelesaikan masalah dan berdiskusi dengan teman kelompok serta memandu jalannya presentasi, (e) melakukan evaluasi dan refleksi bersama siswa mengenai pembelajaran yang sudah dilakukan. Penerapan model problem based learning menggunakan media simulasi zylog z80 simulator IDE dapat meningkatkan kompetensi peserta didik. Nilai kognitif peserta didik mengalami peningkatan yang ditunjukan dari hasil nilai rata-rata pretest siklus I sebesar 44 dan persentase siswa lulus sebesar 15% meningkat pada posttest siklus II dengan nilai rata–rata 81 dan pesentase siswa lulus 85%. Nilai afektif peserta didik juga terdapat peningkatan. Nilai rata–rata afektif pada pertemuan pertama siklus I sebesar 54,2 dan persentase rata-rata afektif sebesar 67.75% meningkat pada pertemuan dua siklus II dengan nilai rata–rata 78.2 dan persentase 97,75%. Nilai rata-rata psikomotorik peserta didik juga terdapat peningkatan. Nilai psikomotorik pertemuan pertama pada siklus I adalah 57,5 dan persentase siswa lulus sebesar 0% meningkat pada pertemuan kedua siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 83,5 dan persentase kelulusan 100%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Problem based Learning, Teknik Mikroprosessor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29200

Actions (login required)

View Item View Item