FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 WONOSARI

Asti, Noor Hanik (2016) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ASTI NOOR HANIK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 WONOSARI Oleh : Asti Noor Hanik 13511245005 Penelitian ini bertujuan mengetahui; (1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental kelas XI di SMK N 3 Wonosari ditinjau dari faktor internal yang meliputi motivasi, minat dan sikap; (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental kelas XI di SMK N 3 Wonosari ditinjau dari faktor eksternal yang meliputi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2014 - Juni 2015 yang bertempat di SMK N 3 Wonosari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program studi Tata Boga yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal adalah sebagai berikut: Indikator motivasi sebesar 48,2% disebabkan karena siswa kesulitan dalam memahami istilah-istilah asing pada pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental. Indikator minat sebesar 48,2% disebabkan karena siswa kurang menyukai dan merasa mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental adalah pelajaran yang membosankan. Indikator sikap sebesar 64,3% disebabkan karena siswa tidak mendengarkan penjelasan guru dari baik. (2) faktor penyebab kesulitan belajar Pengolahan Makanan Kontinental di SMK N 3 Wonosari ditinjau dari faktor eksternal adalah sebagai berikut: Indikator lingkungan sekolah sebesar 51,8% disebabkan karena metode mengajar guru yang kurang disukai siswa. Indikator lingkungan keluarga sebesar 69,6% disebabkan karena suasana rumah yang gaduh membuat siswa tidak berkonsentasi untuk belajar. Indikator lingkungan masyarakat sebesar 30,4% disebabkan karena siswa kesulitan memperoleh akses internet yang dapat menunjang dalam belajar. Kata kunci: kesulitan belajar, faktor internal, faktor eksternal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29197

Actions (login required)

View Item View Item