PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015-2016

Suparjo, Alvie Retnowati (2015) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015-2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Slideshow
SKRIPSI 11406244012.swf

Download (6MB)

Abstract

Sumber belajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah, selain guru, siswa, bahan ajar, dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran sejarah serta hambatan-hambatan yang dihadapi dan bagaiman cara mengatasi hambatan-hambatan dalam memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di SMA N 1 Jetis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian kepala sekolah SMA N 1 Jetis, dua guru sejarah, dan perwakilan siswa. Pada penelitian ini digali hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran sejarah. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran sejarah, seperti kepala sekolah, guru mata pelajaran sejarah dan perwakilan siswa di SMA N 1 Jetis. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan yang di kemukakan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran di SMA N 1 Jetis sudah bagus, dikelompokkan enam jenis cara pemanfaatan sumber belajar, yaitu pemanfaatan pada orang, lingkungan, pesan, bahan, teknik, dan alat. Pada proses pembelajaran buku yang paling banyak dimanfaatkan. 2) hambatan-hambatan yang dihadapi, yaitu kurangnya sumber buku terutama untuk kelas XI dan keterbatasan waktu. 3) upaya yang dilakukan, yaitu guru dan siswa menggunakan sumber internet dan menggunakan buku lain yang disesuaikan dengan materi, selain itu guru juga melakukan tukar informasi dengan guru yang lain. Kata kunci : Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item