PENGEMBANGAN DAN ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PLATFORM ANDROID DI SMK YPKK 1 SLEMAN

Eka, Legya Frannita (2016) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PLATFORM ANDROID DI SMK YPKK 1 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Eka Legya F11520241018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN DAN ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PLATFORM ANDROID DI SMK YPKK 1 SLEMAN Oleh: Eka Legya Frannita NIM. 11520241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality untuk Platform Android, (2) mengetahui hasil pengujian kualitas media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality untuk Platform Android berdasarkan standar ISO 9126 yang meliputi aspek functionality, efficiency, usability, maintainability, dan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall model-V. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan spesifikasi kebutuhan pengguna, (2) perancangan sistem, (3) perancangan komponen, (4) penulisan kode program dan (5) pengujian. Sumber data/subjek penelitian yaitu 42 siswa kelas X SMK YPKK 1 Sleman untuk pengujian usability, 3 orang ahli untuk pengujian functionality, 3 orang ahli untuk pengujian materi, dan dokumentasi terhadap media pembelajaran perakitan komputer ini untuk pengujian efficiency, maintainability. Teknik dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality untuk Platform Android menggunakan software Unity 3D 4.6 dan dilakukan beberapa tahap yaitu pengumpulan spesifikasi kebutuhan pengguna, perancangan sistem, perancangan komponen, penulisan kode program dan beberapa pengujian (uji materi dan uji kualitas software berdasarkan ISO 9126), (2) media pembelajaran perakitan komputer memiliki kualitas aspek functionality kriteria “Sangat Baik”, efficiency dengan Testdroid menunjukkan skala kualitas “Baik”, usability menghasilkan nilai alpha cronbach 0,98 (Sangat Tinggi), maintainability dengan perhitungan volume dan duplication code menunjukkan skala “Baik”, dan pengujian materi memperoleh kriteria “Sangat Baik”. Kata kunci: media pembelajaran, perakitan komputer, android, augmented reality, ISO 9126.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Rekayasa Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29187

Actions (login required)

View Item View Item