Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Menggunakan Alat – Alat Ukur Mekanik Kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/ 2012

Fathudin Malik, Istanto (2011) Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Menggunakan Alat – Alat Ukur Mekanik Kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/ 2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_CORRELATION_OF_DICILPLINE_OF_STUDYING_TOWARDS_THE_LEARNING_RESULT_IN_THE_COMPETENCY_OF_USING_THE_MECHANICAL_MEASUREMENT_AMONG_THE_STUDENTS_OF_MECHANIC_OTOMOTIVE.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa Pada Kompetensi Menggunakan Alat – Alat Ukur Mekanik Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Wonosari pada jurusan Teknik Mekanik Otomotif. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 11 juli hingga tanggal 16 Juli 2011. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik population sampling yang berjumlah 108 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket dengan skala Likert untuk mengukur variabel disiplin belajar, sedangkan variabel hasil belajar kompetensi menggunakan alat – alat ukur mekanik diukur berdasarkan data dokumentasi hasil ulangan harian siswa pada kompetensi menggunakan alat – alat ukur mekanik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik product moment Hasil penelitian ini menunjukkan r hitung 0,898 dan bernilai positif. Nilai r positif menunjukkan bahwa disiplin belajar mempunyai hubungan yang positif terhadap hasil belajar siswa. Untuk menyatakan tingkat hubungan harga r selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel tingkat korelasi antar variabel dimana harga r hitung 0,898 termasuk dalam kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan sangat kuat antara variabel disiplin belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item