PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD NEGERI AMBARUKMO SLEMAN YOGYAKARTA

Junindra Safutra, Okke (2015) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD NEGERI AMBARUKMO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Okke J.S_09105244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, (2) mengetahui jenis lingkungan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan, dan (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV SD Negeri Ambarukmo, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Pengampu mata pelajaran IPA, dan siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Ambarukmo, Sleman, Yogyakarta dilakukan secara variatif. Pembelajaran secara variatif tersebut menggunakan proses pembelajaran baik di dalam kelas dan di luar kelas. Pembelajaran di dalam kelas dilakukan dengan cara guru membawa tanaman-tanaman ke dalam kelas dan benda-benda ke dalam kelas. Sedangkan, pembelajaran di luar kelas menggunakan lingkungan yang terdapat di sekitar sekolah seperti taman sekolah, kebun sekolah, dan sawah; (2) jenis lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran mata pelajaran IPA dengan tema memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dan fungsinya pada kelas IV di SD Negeri Ambarukmo, Sleman, Yogyakarta adalah taman sekolah, kebun sekolah, dan sawah yang berada di sekitar lingkungan sekolah; dan (3) kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar dilingkungan sekitar yaitu: (a) bagi guru yaitu guru kurang mampu mengkondisikan siswa pada saat proses pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar berlangsung, memerlukan banyak waktu dalam proses pelaksanaannya, hal-hal bersifat teknis kurang dipertimbangkan oleh guru pengampu seperti prosedur langkah-langkah kegiatan, koordinasi antara guru dan siswa pada saat pelaksanaan proses pembelajaran; (b) bagi siswa yaitu siswa kesulitan mengidentifikasi hasil pembelajaran karena terfokus pada penjelasan guru pada saat menjelaskan materi dengan bantuan tanaman secara langsung; dan (c) bagi sekolah yaitu terbatasnya sumber belajar yang terdapat dilingkungan sekitar sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29176

Actions (login required)

View Item View Item