PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELAKSANAKAN SHOLAT UNTUK SISWA KELAS IV SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA

Nanindra, Anisa (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELAKSANAKAN SHOLAT UNTUK SISWA KELAS IV SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anisa Nanindra M_11105241034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PAI materi Melaksanakan Sholat yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IV SDN Lempuyangwangi, Yogyakarta. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini dilakukan dengan menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi sembilan langkah. Langkah yang ditempuh ialah sebagai berikut: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9) revisi produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDN Lempuyangwangi Yogyakarta, dengan tiga tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 5 subjek, uji coba lapangan dengan 9 subjek, dan uji pelaksanan lapangan dengan 14 subjek. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian produk oleh ahli materi yang meliputi aspek pembelajaran dan aspek materi bahwa multimedia pembelajaran interaktif dinyatakan “baik” (4,11) dan penilaian produk oleh ahli media yang meliputi aspek tampilan dan aspek pemrograman diperoleh hasil “sangat baik” (4,46). Pada hasil uji coba lapangan awal didapatkan hasil “baik” (91%), pada hasil uji coba lapangan diperoleh hasil “layak” (97,2), dan pada hasil uji coba pelaksanaan lapangan diperoleh hasil “layak” (98,9%). Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PAI dikatakan “layak” sebagai media pembelajaran bagi kelas IV SDN Lempuyangwangi, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:16
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29173

Actions (login required)

View Item View Item