PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, NON PERFORMING LOAN DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Wicaksono, Arief Prih (2016) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, NON PERFORMING LOAN DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
AriefPrihWicaksono_10408141037.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) , Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasional secara parsial terhadap Return On Assests (ROA) pada perusahaan perbankan. Dalam penelitian ini menggunakan Return On Assests (ROA) sebagai variabel dependen dan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) , Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasional sebagai variabel independen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan objek perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 21 perusahaan yang menjadi sampel penelitian selama periode 2012-2014. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil antara lain: CAR tidak berpengaruh terhadap ROA dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,287. LDR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi sebesar 0,235. NPL tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi 0,172, sedangkan Biaya operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil dari Uji-F menunjukkan nilai sebesar 10,462 pada signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 37,9%. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 37,9% variabel dependen ROA dapat dijelaskan oleh variabel independen CAR, LDR, NPL dan BOPO, sedangkan sisanya sebesar 62,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dari hasil penelitian yang menunjukan BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA perusahaan perbankan, maka investor dapat melihat BOPO sebagai acuan untuk menentukan investasi pada perusahaan perbankan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) , Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional (BOPO), Return On Assests (ROA)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item View Item