PENGARUH INFLASI, BI RATE, UKURAN DAN UTANG PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERHADAP DI BURSA EFEK INDONESIA

Gultom, Anhar (2015) PENGARUH INFLASI, BI RATE, UKURAN DAN UTANG PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERHADAP DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
AnharFirdausGultom_10408141010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat inflasi terhadap kinerja obligasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) pengaruh tingkat BI Rate terhadap kinerja obligasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (3) pengaruh ukuran perusahaan terhadap kinerja obligasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (4) pengaruh utang perusahaan terhadap kinerja obligasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif (hubungan), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah hubungan sebab akibat (kausal). Populasi dalam penelitian ini adalah 385 obligasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, Inflasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Obligasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,486. BI Rate tidak berpengaruh terhadap Kinerja Obligasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,058. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Obligasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,099. Utang Perusahaan berpengaruh terhadap Kinerja Obligasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,033 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,001. Hasil uji simultan memiliki nilai F sebesar 21,069 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,443. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 44,3%, sedangkan 55,7% dijelaskan oleh variabel independen lainnya di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: inflasi, BI rate, ukuran perusahaan, utang perusahaan, kinerja obligasi
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:24
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29169

Actions (login required)

View Item View Item