EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PROGRAM APLIKASI EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL PADA KELAS X TKJ DI SMK TAMANSISWA

Ganggang, Canggi Arnanto (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PROGRAM APLIKASI EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL PADA KELAS X TKJ DI SMK TAMANSISWA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ganggang Canggi Amanto - 09502247003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PROGRAM APLIKASI EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL PADA KELAS X TKJ DI SMK TAMANSISWA Oleh Ganggang Canggi Arnanto NIM. 09502247003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media program aplikasi EWB (Electronics Workbench) pada pembelajaran elektronika digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X teknik komputer dan jaringan SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan dengan metode Quasi Experimental dan desain Nonequivalent Control Group ini bertujuan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan dalam proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 76 siswa yang terbagi dalam 2 kelas dimana setiap kelas terdiri dari 38 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik sample random sampling yaitu 2 kelas yang terdiri dari 30 siswa per kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli (expert judgment) kemudian di uji cobakan melalui pretest pada siswa kelas X SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan uji-test melalui program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil belajar diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, hal ini dilihat pada nilai rata-rata kedua kelompok, dimana rata-rata kelompok eksperimen pretest 40.70, post-test 61.73, selisih peningkatannya adalah 21.03 dengan persentase 51.67 %, sedangkan kelompok kontrol pretest 39.90, post-test 56.33, selisih peningkatannya adalah 16.43 dengan persentase 41.17 %, dan selisih peningkatan dari rata-rata kedua kelompok adalah 5.4 dengan persentase 9.58 % untuk kelompok eksperimen. Hasil dari uji-t kelompok eksperimen menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan harga t hitung sebesar 12.704 sedangkan kelompok kontrol juga mengalami peningkatan hasil belajar dengan harga t hitung sebesar 6.369 yang dikonsultasikan pada t tabel 1.699. Walaupun demikian hipotesis yang berbunyi penggunaan program aplikasi Electronics Workbench (EWB) sebagai media pembelajaran lebih efektif dibanding dengan pembelajaran yang menggunakan media konvensional tidak diterima, karena hasil ketuntasan belajar pada kelompok eksperimen tidak mencapai 65 % dan hanya mencapai 23.33 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2016 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29160

Actions (login required)

View Item View Item