PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Ayesha, Dinda (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi dengan menggunakan media diorama pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 8 Yogyakarta. Media diorama merupakan salah satu media visual berupa gambaran keadaan secara nyata dari suatu kejadian pada sebuah maket. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil subjek siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2014/2015, mulai bulan Maret 2015 sampai dengan April 2015. Keterampilan menulis teks diskusi diukur berdasarkan persentase ketercapaian skor menulis teks diskusi. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan pada siklus II lebih menekankan pada aspek-aspek peningkatannya yang belum optimal pada siklus I. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, angket, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran berupa foto. Kriteria keberhasilan tindakan berupa peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks diskusi siswa dengan menggunakan media diorama. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan antusias dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Keberhasilan keterampilan menulis diukur berdasarkan skor ketercapaian aspek menulis teks diskusi sebesar 80. Hasil penelitian diperoleh dengan persentase ketercapaian proses dan hasil yang perlu diperhatikan dalam menulis teks diskusi pada setiap siklus. Peningkatan kualitas proses didasarkan pada hasil pengamatan berbagai peran guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunakan media diorama dari siklus I sampai siklus II. Proses pembelajaran dengan menggunakan media diorama dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks diskusi. Peningkatan keterampilan hasil menulis teks diskusi dapat dilihat berdasarkan hasil tes siswa pada pratindakan dengan skor rata-rata sebesar 53,94, siklus I dengan skor rata-rata sebesar 66,25 dan pada siklus II skor rata-rata sebesar 85,15. Peningkatan jumlah skor keterampilan menulis teks diskusi dari pratindakan sampai siklus I sebesar 12,31 dan peningkatan skor dari siklus I sampai siklus II sebesar 18,90. Dilihat dari skor kualitatif frekuensi nilai siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 8 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29152

Actions (login required)

View Item View Item